investama

Rahinan Berdasarkan Wewaran

Baliku Yang Indah | Rahinan Berdasarkan Wewaran

Hari Raya Hindu di Bali, Rerahinan/Yadnya yang dilakukan berdasarkan Saptawara dengan Pancawara, diantaranya :

a. Anggara Keliwon / Anggara Kasih

Pada hari ini meyoga Ida Sang Hyang Ludra, untuk membasmi segala kekotoran (leteh-letuh) di bumi, termasuk kekotoran tubuh, lahir dan batin.
Widhi-widhana berupa canang reresik, canang puspa wangi-wangian, menyan astanggi dan asap harum dihaturkan ke hadapan Dewa Sang Hyang Ludra, untuk mohon belas kasihnya melebur dan membersihkan segala kekotoran dan kenistaan. Selesai bersembahyang dilakukan metirtha gocara

b. Budha Wage

Hari ini disebut pesucian/ peyogan Sang Hyang Manik Galih yang menurunkan Sang Hyang Ongkara Mreta di bumi.
Pemujaan dilakukan di sanggah Kemulan dan di atas tempat tidur.
Upakaranya: Canang reresik, Canang Yasa, asap dupa dan harum-haruman. Dihaturkan di sanggah Kemulan, memuja Dewi Sang Hyang Çri Nini, agar diciptakannya kemakmuran dunia dan agar hidup dan kehidupan mendapatkan keselamatan.
Pada malam harinya, dilakukan Dhyana dan Yoga semadhi, menciptakan budhi suksma, melepaskan atau menutup indrya, mewujudkan satu tujuan suksma suci.

c. Budha Kliwon

Hari ini dinamai pesucian (pembersihan) Sang Hyang Ayu atau Sang Hyang Nirmala Jati.
Pemujaan dilakukan di sanggah Kemulan dan di atas tempat tidur. Widhi widananya: canang reresik, canang yasa, kernbang pepayasan, puspa harum dan asap dupa astanggi.
Mengenai rerahinan / yadnya yang dilakukan berdasarkan pawukon, diambilkan yang penting-penting saja menurut daftar rerahinan di bawah ini. Selebihnya akan menjadi sangat detil dan rumit, dapat dipelajari dari lontar / kitab yang bernama Sundari Gama.
Dalam lontar itu dipaparkan secara rinci, hari yang dianggap penting dan disucikan, termasuk keharusan-keharusan yang patut dilaksanakan, demikian pula pantangan-pantangannya, mengandung petunjuk-petunjuk tatacara pelaksanaan upacara serta upakara dan lain sebagainya.
- Budha Kliwon Sinta : Pagerwesi.
- Budha Kliwon Dungulan : Galungan.
- Buda Kliwon Pahang : Pegat Uwakan.
Dengan mengheningkan seluruh pikiran memohon keselamatan dunia dengan segala isinya dan keselamatan rumah tangga, agar memperoleh rahayu-werdhi dirgha yusa. Setelah upacara dilaksanakan, bersembahyang, kemudian dilakukan metirtha gocara.

d. Saniscara Kliwon

Hari ini bernama tumpek, turunnya Sang Hyang Widhi Wiçesa.
Pada hari ini kita hendaknya selalu mengingat Sang Hyang Widhi Wiçesa (Sang Hyang Widhi Tunggal), yang mengaruniakan Sanghyang Dharma dan tatwa-tatwa / ilmu-ilmu pengetahuan.
tumpek ada beberapa jenis, diantaranya:
- Saniscara Kliwon Landep: Tumpek Landep
- Saniscara Kliwon Wariga : Tumpek Pengarah / Tumpek Pengatag / Tumpek Uduh
- Saniscara Kliwon Kuningan
- Saniscara Kliwon Uye : Tumpek kandang / Oton wewalungan
- Saniscara Kliwon Krulut
- Saniscara Kliwon Wayang : Tumpek Wayang / Tumpek Ringgit
Pada hari tumpek ini dihaturkan upacara di sanggah / pemerajan, di pura, kahyangan dan parhyangan dengan upakara: canang burat wangi, canang yasa, canang reresik, puspa serba harum dan asap dupa astanggi.
Pada malam harinya, tidak diperkenankan melakukan pekerjaan, cukup dengan berdiam diri sambil mengheningkan cipta, menyatukan pikiran memuja Ida Sanghyang Dharma, yang turun melimpahkan karunia-Nya. Yang ingin dicapai adalah kesucian pikiran, timbulnya Budhi-sattwam, yang mengakibatkan kesempurnaan dan keselamatan dunia dan isinya.

e. Saniscara Umanis

Saniscara Umanis Watugunung : Odalan Sanghyang Aji Saraswati.
Di rahinan berdasarkan wewaran ini kita berdoa memohon limpah kemurahan dari Ida Sang Hyang Widhi, terutama pujaan kita terhadap Sang Hyang Widhi Wiçesa memohon restu untuk keselamatan kita di segala bidang.

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda

Jika Suka, Silahkan Beramal Gan, Klik Suka/Like Dan Follow Blog Ini Ya




BANNER SAHABAT BALIKU YANG INDAH

BANNER SAHABAT BALIKU YANG INDAH
    baliku yang indah HIDUP itu indah, dengan cara berbagi sesama ~^O^~ ~ BLOG-nya anak GAUL masa kini SWOM.COM KLIKOT INTERNET MARKETING Info Tentang Kesehatan Dan Obat Tradisional Blogger Copas Berbagi Info  Blog Info Tentang Kesehatan dan Pendidikan Gede Sitdown Blog Catatan Diani Made Blogger Copy Pazte Koko Nax Sasih Blog's

Sudah Baca Artikel di Bawah Ini?

Daftar Blog Bacaan Saya