christian tatelu
investama

Ida Bagus Putu Dunia

Baliku Yang Indah | Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia (lahir di TabananBali20 Februari 1957) adalah Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (KSAU) yang dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Negara pada hari Senin, 17 Desember 2012. Putu Dunia mencatat sejarah sebagai KSAU pertama yang berasal dari Bali dan beragama Hindu. Putra daerah Tabanan tersebut menggantikan posisi Marsekal Imam Sufaat yang memasuki masa pensiun.

Keluarga
Putu Dunia merupakan putra pasangan Ida Bagus Made T. dan Dayu Ketut Nur. Ia beristrikan Ida Ayu Kumala, serta mempunyai dua anak, yang pertama bernama Ida Ayu K. Satyawati dan yang kedua Ida Bagus Jagannatha


Karier
Adalah lulusan terbaik AAU Tahun 1981 dengan penghargaan Bintang Adhi Makayasa. Alumnus Sekbang Angkatan 27 Tahun 1981. Marsekal Ida Bagus Putu Dunia mengawali kariernya di Wing 300 Kohanudnas, Lanud Iswahjudi, Madiun. Ia terpilih menjadi penerbang tempur A-4 Skyhawk di Skadron 12 Wing 300 Lanud Pekanbaru, yang kemudian beralih tugas ke Skadron Udara 11 di Lanud Hasanuddin, Makassar, sebagai penerbang untuk jenis pesawat sama. Kemudian melanjutkan ke Sekolah Instruktur Penerbang, Sekkau Angkatan 49, Seskoau dan Sesko TNI.
Di Lanud Hasanuddin inilah ia sempat menjabat Komandan Skadron Udara 11 Lanud Hasanudin, dan beberapa tahun kemudian menjadi Komandan Lanud Hasanuddin. Beliau kemudian dipromosikan menjadi Panglima Komando Operasi Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) IV Biak, Papua.
Putu Dunia juga banyak menjabat di komandan pendidikan. Dia pernah menjadi Gubernur Akademi Angkatan Udara, Asisten Personil KSAU dan Komandan Sesko TNI hingga menyandang bintang tiga di bahunya.

Riwayat Jabatan
  1. Penerbang Wing 300 Kohanudnas, Lanud Iswahjudi
  2. Penerbang tempur A-4 Skyhawk di Skadron 12 Wing 300 Lanud Pekanbaru
  3. Penerbang Skadron Udara 11 di Lanud Hasanuddin, Makassar
  4. Dan Skadron Udara 11 Lanud Hasanuddin
  5. Paban III/Lat Staf Operasi Mabesau Jakarta
  6. Atase Pertahanan Kedubes RI di Kuala Lumpur, Malaysia (2000)
  7. Komandan Lanud Hasanuddin (2008)
  8. Panglima Kosekhanudnas IV Biak (2010)
  9. Pa Sahli Tk. III Bid Ekkudag Panglima TNI (2010)
  10. Gubernur AAU (2011)
  11. Asisten Personil KSAU (2011)
  12. Komandan Sesko TNI (2012)
  13. KSAU (2012

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda

Jika Suka, Silahkan Beramal Gan, Klik Suka/Like Dan Follow Blog Ini Ya




BANNER SAHABAT BALIKU YANG INDAH

BANNER SAHABAT BALIKU YANG INDAH
    baliku yang indah HIDUP itu indah, dengan cara berbagi sesama ~^O^~ ~ BLOG-nya anak GAUL masa kini SWOM.COM KLIKOT INTERNET MARKETING Info Tentang Kesehatan Dan Obat Tradisional Blogger Copas Berbagi Info  Blog Info Tentang Kesehatan dan Pendidikan Gede Sitdown Blog Catatan Diani Made Blogger Copy Pazte Koko Nax Sasih Blog's

Sudah Baca Artikel di Bawah Ini?

Daftar Blog Bacaan Saya