christian tatelu
investama

Sang Nyoman Suwisma

ImageBaliku Yang Indah | Mayor Jenderal TNI (Purn) S.N. Suwisma, S.IP lahir di Desa Tamanbali, Bangli, Bali, pada tanggal 10 Mei 1949, putra dari Sang Made Pegeg (Veteran Pejuang Kemerdekaan RI) dengan Ni Nengah Menter (alm). Melalui pendidikan SD di Tamanbali, SMPN di Bangli, dan SMA Negeri Denpasar, selanjutnya menempuh pendidikan Akademi Militer (Akmil) di Magelang, dan lulus pada tahun 1971.
Sejak lulus dari Akmil sampai dengan tahun 1974 menjadi Instruktur Akmil, dan sejak 1974 sampai dengan 5 Oktober 1994 mengabdi selama 20 tahun 8 bulan di Pasukan Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Di Kopassus menjabat sebagai Komandan Kompi Parako sampai dengan Wakil Komandan Kopassus setelah
bertugas sebagai Komandan Upacara Hari Jadi TNI, 5 Oktober 1994, kemudian dimutasi menjadi Komandan Korem 043/Garuda Hitam di Lampung.
Pada bulan Februari 1996 dipercaya menjadi Komandan Sekolah Calon Perwira TNI-AD di Bandung sekaligus menjadi Brigadir Jenderal TNI, menangani pendidikan Panorama 4 dan Panorama 5. Pada 15 Juli 1997 dipercaya mengemban tugas menjadi Panglima Divisi I Kostrad di Cilodong dengan pangkat Mayor Jenderal TNI. Tahun 1998 dipercaya menjadi Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Tanjung Pura di Kalimantan.
Setahun kemudian dipercaya memangku jabatan sebagai Kepala Staf Kostrad di Merdeka Selatan. Tahun 2000 diberi tugas menjadi Asisten Teritorial KASAD, dan tahun 2001 diangkat menjadi Asisten Teritorial KASUM TNI, dan sejak tahun 2003 selama 13 bulan ditugaskan menjadi Anggota DPR RI dan Fraksi TNI/Polri pada Komisi I yang menangani bidang Pertahanan Keamanan, Luar Negeri, Infokom, dan Sekneg.
Pendidikan staf yang pernah dijalaninya antara lain: Seskoad (tahun 1986), Sekolah Staf

Senior (1994), dan Lemhanas KSA VIII (tahun 2001).

Penugasan yang pernah dilaksanakan antara lain, adalah: Penumpasan GPRS/Paraku di Kalimantan, Operasi Seroja di Timor Timur, OPM di Irian Jaya, serta tugas-tugas lain di lingkungan militer baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
Pengalaman berorganisasi di masyarakat: 1988 — 1990 aktif dalam kepengurusan PB Persatuan Judo Seluruh Indonesia dan Pusat Terjun Payung PB FASI: 1997 — 2001 sebagai Ketua Umum PB Pertina: 2003 — 2007 Ketua Badan Internal Audit KONI Pusat. Sejak 2005 sampai saat ini menjabat sebagai DIRUT Televisi Pendidikan Indonesia (TPI), Komisaris Global TV, dan Komisaris PT Gajah Tunggal (GT Group, Jakarta).

Dalam partisipasi pembinaan umat di setiap tempat tugas diposisikan sebagai sesepuh umat Hindu, antara lain di Jakarta, Lampung, Bandung, Kalimantan, dan Papua. Pada tahun 2000 menjadi Ketua Umum Panitia Dharma Santi Nasional di Candi Prambanan, Jateng; Ketua Panitia karya Ngenteg Linggih pada sasih kapat tahun 2005, dan sebagai Ketua Pembina Yayasan Taman Sari, Pura Agung Jagat Kartta - Gunung Salak. Tahun 2006 sebagai Ketua Umum Mahasabha Parisada IX di Jakarta, tahun 2007 menjadi Anggota Sabha Walaka Parisada Pusat.

Tanggal 16 Mei 1980 menikah dengan Ir. Rataya B. Kentjanawathy (akrab dipanggil Ken), putri dari Brigjen TNI. (Purn) Rangga B. Bayupathy (alm). Dari perkawinan tersebut dikaruniai tiga orang putra, yaitu; 1. Lettu Inf. Sang Ngurah Wikrama Wirapathy (25 tahun); 2. Sang Ngurah Wiranggana Adityapathy, S .T. (24 tahun); dan 3. Sang Ngurah Wiratama Satriapathy (sedang mengikuti pendidikan Akpol, 18 tahun).

[LEBIH DEKAT DENGAN SANG NYOMAN SUWISMA No.01 Agustus 2007].  

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda

Jika Suka, Silahkan Beramal Gan, Klik Suka/Like Dan Follow Blog Ini Ya




BANNER SAHABAT BALIKU YANG INDAH

BANNER SAHABAT BALIKU YANG INDAH
    baliku yang indah HIDUP itu indah, dengan cara berbagi sesama ~^O^~ ~ BLOG-nya anak GAUL masa kini SWOM.COM KLIKOT INTERNET MARKETING Info Tentang Kesehatan Dan Obat Tradisional Blogger Copas Berbagi Info  Blog Info Tentang Kesehatan dan Pendidikan Gede Sitdown Blog Catatan Diani Made Blogger Copy Pazte Koko Nax Sasih Blog's

Sudah Baca Artikel di Bawah Ini?

Daftar Blog Bacaan Saya