christian tatelu
investama

Hari Raya Nyepi

Baliku Yang Indah | NYEPI 2014 - SERUAN BERSAMA MAJELIS-MAJELIS AGAMA DAN KEAGAMAAN PROVINSI BALI

Pada 31 Maret 2014 ada perayaan NYEPI Tahun Baru Icaka 1936 di Bali. Dalam hal dengan perayaan ini, dilarang keras untuk melakukan kegiatan sebagai berikut:
1. Tidak boleh ada cahaya yang menyala
2. Tidak ada pekerjaan yang dapat dilakukan
3. Tidak boleh ada Wisata yang dapat dilakukan dan
4. Tidak ada hiburan yang boleh dilakukan. 
Perayaan liburan ini dimulai dari pukul 06.00. pagi pada 31 Maret hingga 06.00.am pada 1 April 2014.
Demikian informasi ini disampaikan.
 

SERUAN BERSAMA
MAJELIS-MAJELIS AGAMA DAN KEAGAMAAN
PROVINSI BALI
Berdasarkan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor : 003.2/17319/DPIK tanggal 06 November 2012 tentang Hari Raya Nyepi di Bali tahun 2013, maka Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali mengadakan rapat dengan unsur : Gubernur Bali, Kepala Kesbang Pol.Provinsi Bali, Polda Bali, Bendesa Agung MUDP Bali, Ketua FKUB Provinsi Bali, Ketua-ketua Majelis Agama Provinsi Bali, Kabid, Pembimas, dan Kepala Kamenag Kab/Kota se-Bali di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali pada hari Rabu, 13 Februari 2013 bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali dengan acara pokok tentang pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1935 yang bertepatan pada hari Selasa, tanggal 12 Maret 2013, ditetapkan kesepakatan sebagai berikut :

1. Bagi Umat Hindu melaksanakan Catur Bratha Penyepian dengan sebaik-baiknya dan pelaksanaannya  sebagaimana pedoman edaran     PHDI Pusat dan PHDI Provinsi Bali
2. Bagi Umat Non Hindu dalam melaksanakan peribadatan agar menyesuaikan dengan suasana Nyepi.
3. Melarang menyalakan petasan/mercon bunyi-bunyian sejenisnya yang sifatnya mengganggu kesucian hari raya Nyepi dan membahayakan     ketertiban umum.
4. Melarang adanya paket hiburan Hari Raya Nyepi bagi hotel-hotel yang ada di Bali.
5. Aparat keamanan Negara mengamankan seruan bersama ini.
6. Seruan ini disosialisasikan oleh Majelis-majelis agama dan keagamaan serta instansi terkait kepada seluruh umat beragama di Bali.

Demikian seruan ini disampaikan untuk dapat dipedomani dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.
                                                                                                              
Denpasar, 13 Februari 2013

Tertanda:
2. Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Bali
3. Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bali
4. Ketua Umum DP Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bali
5. Ketua MPAG Provinsi Bali
6. Ketua Umum Walubi Provinsi Bali
7. Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) Provinsi Bali
8. Keuskupan Denpasar
9. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolda Bali)
10. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali



Latar Belakang Lahirnya Hari Raya Nyepi

Menurut agama Hindu, alam semesta ini pada mulanya adalah kosong, sunya, tidak ada apa-apanya. Gelap gulita. Maka, tibalah suatu permulaan dari penciptaan, sebutir telur dalam Hiranyagharba sakti merupakan benih pertama segala apa yang terciptakan, disebut Mahadivya, pada awal yuga pertama. Inilah cahaya Brahman, Mahatman pertama, kekal abadi, tiada terlukiskan, cemerlang memancar ke mana-mana, ke seluruh penjuru. Ini adalah asal mula paling halus alam benda jasmaniah dan alam bukan benda atau rohaniah. Dari telur cahaya Brahman ini terlahir Pitamaha, satu-satunya makhluk disebut Prajapati pertama.

Kemudian, setelah Brahman, Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa), tercipta sendiri cahaya suci Wiwaswan atau Sambhu. Demikianlah kemudian Brahman menciptakan surga, ujung surga, planet, angkasa, bulan, udara, ether, air, bumi, kemudian tahun, musim, sasih (bulan), paksha (tilem dan purnama), siang dan malam. Demikianlah tercipta segala-galanya, kecuali manusia. Wiwaswan atau Sambhu sebagai personifikasi Matahari menerima wahyu dari Brahman untuk menciptakan manusia pertama, yaitu Manu. Sambhu, yang menerima wahyu dari Brahman, Hyang Widhi, mengajarkan kepada manusia ajaran-ajaran suci dalam bentuk Veda-Desa. Manu-lah manusia pertama di bumi. Bumi kita diperkirakan sudah berusia 4.320.0000 tahun.


Segala sesuatunya dalam alam semesta ini, baik makhluk hidup maupun alam benda, yang tercipta, pada akhir dunia ini, di kala yuga datang akan habis menjadi musnah, lenyap kembali kepada asal mula. Pada permulaan yuga yang baru, segala sesuatunya akan kembali terciptakan oleh Brahman, Hyang Widhi. Bagaikan buah jatuh ke tanah dari pohon, lalu tumbuh kembali.
Sesuai pesan Sambhu, Manu kemudian mengajarkan wahyu, yaitu isi kitab Veda-Veda kepada Iswaku, undang-undang hukum hidup dalam alam semesta ini agar alam semesta ini dapat dilestarikan dan tidak termusnahkan di kala yuga mendatang. Demikianlah dalam perjalanannya yang amat panjang, umat manusia mengalami hidup pasang surut dan dunia ini mengalami kezaliman, kemusnahan dari zaman ke zaman. Demi melindungi kebajikan dan menegakkan dharma, Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Kuasa) turun menjelma dalam wujud Sri Khrisna sebagaimana diungkapkan oleh Bhagavadgita:

Mana kala dharma hendak sirna

Dan adharma hendak merajalela

Saat itu, wahai keturunan bharata

Aku sendiri turun menjelma
Jadi, untuk menyelamatkan manusia dari adharma, Hyang Widhi turun ke dunia dalam wujud Sri Krishna (1000 SM), Mahavira dan Sidharta Gautama (abad ke-6 SM), Aji Saka (78 M) dan sebagainya.

Abad I Masehi ditandai oleh suatu zaman keemasan bagi umat Hindu. Di India, di mana agama Hindu buat pertama kalinya diwahyukan Hyang Widhi kepada manusia pertama, Manu, zaman gemilang ini dicatat dengan lahirnya Kanishka I dari keturunan dinasti Kushana, masyur karena sikap toleransinya yang terlahir dari kebangkitan umat beragama, baik itu agama Buddha, agama Hindu sekte Siva, sekte Visnu, Tantri, Tirtha, dan sebagainya.

Kebangkitan dan toleransi ini berkembang sangat luas, jauh melampaui batas-batas negeri dan kerajaan sampai ke Timur Tengah, Asia Tengah, Tibet, Cina, Jepang, seluruh semenanjung anak benua Asia (India), Birma (Myanmar), Srilanka, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.


Karena itu, dalam perjalanan ke negeri-negeri mancanegara, misi keagamaan mengemban penyebaran ajaran-ajaran suci sesuai zaman kebangkitan dan toleransi beragama ini. Demikianlah, seorang pendita Saka gelar Aji Saka menyebarkan kebangkitan dan toleransi beragama dan melakukan ekspedisi ke Indonesia, menuju Jawa, mendarat di sekitar desa Waru, Rembang, Jawa Tengah. Kebangkitan dan toleransi beragama ini mendapat gayung bersambut, di mana agama Hindu sudah tersebar luas. Begitu besar antusiasme penduduk bumi tanah Jawa terhadap kebangkitan dan toleransi beragama ini tercermin dalam ungkapan karya Empu Tantular: “Bhineka Tunggal Ika Tan Ana Dharma Mangrwa”. Seperti halnya di India, di Nusantara juga terdapat berbagai ragam agama, dari yang paling sederhana sampai kepada agama Hindu berbagai sekte, dari menyembah berhala, dewa-dewa sampai Hyang Widhi, Tuhan Yang Maha Esa.

Kehadiran sang pendita Saka gelar Aji Saka yang teramat penting ini, di bumi Indonesia ini, tidak dapat dilewatkan begitu saja. Ini adalah suatu tonggok sejarah kebangkitan dan toleransi beragama yang sangat harmonis, serasi dan selaras dengan sikap dan watak bangsa Indonesia, sejak dahulu kala hingga sekarang. Pendita Saka gelar Aji Saka ini adalah keturunan bangsa Saka dari Kshatrapa Gujarat, Barat Laut India, tiba di Indonesia pada tahun 456 Masehi, tatkala di India berkuasa Maharaja di Raja Skanda Gupta dari dinasti Gupta Yang Agung yang menaklukkan dinasti Kushana dan mengenyahka mereka dari India.

Berkat ketekunan dan keuletan Pendita Saka gelar Aji Saka yang menyebarkan doktrin kebangkitan dan toleransi beragama, yang dirintis oleh Maharaja di Raja Kanishka I hampir 400 tahun sebelumnya, yaitu tahun 78 Masehi di India, maka doktrin ini tetap berkembang hingga kini. Makin hari makin subur. Demikianlah hari tanggal 1 bulan 1 tahun 1 Saka yang jatuh pada tahun 78 Masehi diperingati dan dirayakan oleh umat Hindu yang mengagungkan hari kebangkitan dan toleransi beragama sebagai Hari Raya Nyepi.

Rangkaian Upacara Nyepi

Dalam menyambut Hari Raya Nyepi, umat Hindu melaksanakan serangkaian upacara/upakara. Tujuan hakiki rangkaian upacara ini adalah memarisudha bhumi, menjadikan alam semesta ini bersih, serasi, selaras dan seimbang. Bebas dari kebatilan, malapetaka, kekacauan sehingga umat manusia sejahtera, terbebas dari penindasan, kebodohan, dan kemiskinan.



Rangkaian upacara/upakara ini antara lain:

a. Mekiis, Melis atau Melasti
Melasti berasal dari kata Mala = kotoran/ leteh, dan Asti = membuang/ memusnahkan. Lontar Sanghyang Aji Swamandala menyebutkan tujuan melasti sebagai berikut: “anglukataken laraning jagat, paklesa letuhing bhuwana”. Artinya: melenyapkan penderitaan masyarakat, melepaskan kepapaan, dan kekotoran alam.
Lontar Sundarigama menyebutkan: “amet sarining amertha kamandalu ring telenging sagara, manusia kabeh ngaturaken prakerti ring prawatak dewata” . Artinya: mencari sari kehidupan di tengah-tengah laut, dan manusia mempersembahkan bhakti kepada Hyang Widhi.
Mekiis atau Melasti atau Melis dilakukan dua atau tiga hari sebelum Hari Raya Nyepi. Upacaranya adalah melakukan bersih-bersih, penyucian segala sarana dan prasarana perangkat alat-alat yang dipergunakan dalam rangka persembahyangan dan meditasi. Ini disebut upacara Pembersih, dilaksanakan dengan jalan mengarak ramai-ramai sarana dan prasarana perangkat peralatan yang dipergunakan untuk sembahyang dan meditasi ke laut untuk dibersihkan. Bagi umat Hindu, laut adalah lambang pembersih segala kotoran di mana Hyang Widhi dalam wujud Varuna (Baruna) siap untuk membersihkan dan menyucikan manusia dengan air suci, ”thirta”. Alat-alat persembahyangan serta meditasi, sebagai media konsentrasi, perlu dibersihkan/disucikan di laut setahun sekali.

b. Tawur Kesanga, Tawur Agung, Mecaru
Tawur artinya membayar atau mengembalikan. Apa yang dibayar dan dikembalikan? Adalah sari-sari alam yang telah dihisap atau digunakan manusia. Agar terjadi keseimbangan, sari-sari alam itu dikembalikan dengan upacara Tawur.
Upacara Tawur menurut Lontar Ekapratama, dipimpin oleh Sadaka-Sadaka (Pendeta) yang berpaham Siwa, berpaham Boddha, dan berpaham Bujangga masing-masing dengan tugas: Sadaka-sadaka Siwa menyucikan Akasa (Swahloka) dengan Agniangelayang, Sadaka-sadaka Boddha menyucikan Atmosfir (Bhuwahloka) dengan Agnisara, dan Sadaka-sadaka Bujangga menyucikan Sarwaprani (Bhurloka) dengan Agnisinararasa.

Upacara Tawur dilaksanakan di Catuspata (Perempatan Agung) pada siang hari, kemudian di setiap rumah tangga diadakan juga Bhuta Yadnya yang lebih sederhana, yaitu dengan cara membuat sanggah cucuk di luar rumah berisi banten: tegteg daksina peras ajuman, dandanan, tumpeng ketan, sesayut, panyeneng, jangan-janganan, tipat kelanan, sujang arak tuak berem, segehan aperancak (segehan agung), nasi warna 9 tanding dan nasi cacahan 100 tanding.
Tawur Kesanga atau Tawur Agung atau Mecaru dilakukan sehari sebelum Hari Raya Nyepi. Upacaranya bertahap menurut tingkat dan klasifikasinya: untuk negara, wilayah atau desa, banjar dan di rumah tangga sesuai klas/tingkat persembahan yang disebut Bhutayadnya, korban suci bagi makhluk yang lebih rendah derajatnya dari manusia. Upacara/upakara ini disusul pada waktu senja kala dengan pengrupuk, mebuu-buu, yaitu pembersihan total di negeri, desa, banjar dan rumah-rumah.

Upacara ini merupakan persembahan korban suci, dilakukan di prapatan jalan, persimbangan lalu lintas, di rumah-rumah, dengan jalan memotong kerbau, ayam, bebek dan sebagainya sesuai tingkat upacara yang diperuntukkan bagi negara, wilayah, atau desa, banjar dan rumah dan seterusnya. Tawur Kesanga, Tawur Agung atau Mecaru adalah korban suci yang khusus diperuntukkan bagi Bhuta Khala, yaitu makhluk yang lebih rendah derajatnya dari manusia seperti setan, jin, kuntilanak, dedemit, memedi, gondruwo, leak, kuman, bakteri, virus dan sebagainya yang menimbulkan wabah penyakit, malapetaka, kematian, kesusahan dan sejenisnya agar bhutakala ini tidak menganggu manusia, tidak mengganggu keharmonisan hidup, tidak mengganggu kelestarian alam, supaya hidup berdampingan selaras, seimbang, dan serasi.

Pada senja kala, tepat sebelum Hari Raya Nyepi, demi pembersihan total, dilaksanakan pengrupuk dan mebuu-buu, yaitu membunyikan atau mena-buh gamelan, kentongan, meriam mambu, mercon, petasan atau bunyi-bunyian apa saja dengan riuh ramai, keliling desa dengan maksud agar bhutakala yang membangkang lari tunggang langgang, jauh dari banjar dan desa. Tidak itu saja, dengan obor dan kembang api bhutakala diusir supaya enyah. Yang masih tinggal sembunyi-sembunyi di kolong-kolong dan sudut-sudut rumah bersembunyi disembur dengan mesui (semprotan nati nyamuk, kecoak, tikus, dan sebagainya yang kesemuanya membawa dan menyebarkan penyakit).

c. Nyepi atau Sipeng
Pada penanggal apisan (tanggal 1) Sasih Kadasa, yaitu esok hari setelah Tawur Kasanga, tibalah hari Sipeng, seperti kutipan Lontar Sundarigama: “enjang nyepi amatigni tan wenang sajadma anyambut karya sakalwirniya agnigni saparaniya tan wenang, kalinganiya wenang sang wruh ring tattwa gelaraken samadi, tapa, yoga ametitis kesunyataan”, artinya: besok Nyepi, tidak menghidupkan api, tidak dibolehkan manusia bekerja apapun, atau berapi-api dalam bentuk apapun, sebaliknya turutilah petunjuk Hyang Widhi, gelarkan samadi, tapa, dan yoga.

Ada 4 (empat) pantangan yang disebut catur brata penyepian selama Nyepi, seperti yang diserukan oleh Majelis-Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali pada awal tulisan ini, yaitu:

1. Amati gni (tidak menghidupkan api/tidak boleh ada cahaya yang menyala)
2. Amati karya (tidak bekerja/tidak boleh ada pekerjaan yang dilakukan)
3. Amati lelungaan (tidak bepergian/tidak boleh ada wisata yang dilakukan)
4. Amati lelanguan (tidak bersenang-senang/ menghibur diri dengan tontonan)

Selain melaksanakan tapa, yoga, dan samadi, baik sekali dilaksanakan juga brata, yaitu berpuasa dan mengekang nafsu. Tujuan brata penyepian adalah menguasai diri (mengendalikan sad ripu: nafsu, lobha, marah, mabuk, sombong, dengki/iri hati). Menuju kesucian hidup. Melaksanakan dharma untuk menyeimbangkan adharma.
Di hari Nyepi, umat Hindu berada di Pura, Sanggah Pamerajan, atau di tempat suci (kamar suci) asal tidak keluar rumah, untuk melaksanakan brata penyepian, upawasa (berpuasa), mona (tidak berbicara), dhyana (memusatkan pikiran pada Hyang Widhi), dan arcana (bersembahyang) selama 24 jam.

d. Ngembak Geni atau Ngembak Api
Ngembak Geni atau Ngembak Api dilakukan sehari setelah Hari Raya Nyepi di mana umat kembali menjalankan tugas dan kewajiban sehari-hari sebagaimana biasanya. Mulai hari ini, umat dapat melakukan sima krama atau dan dharmasanti, bersilaturahmi satu sama lain.
Ini dilaksanakan sebagai rangkaian terakhir upacara Hari Raya Nyepi dengan bersembahyang dan berdoa dini hari sebelum ayam berkokok, seperti diajarkan oleh Bhagavadgita: ”berlindunglah engkau pada Hyang Widhi dengan seluruh jiwa ragamu. Dan, dengan restu-Nya engkau akan mencapai kedamaian tertinggi kekal abadi.”

Kemudian, pada waktu siang hari, pergi ke tetangga dan sanak saudara untuk melakukan sima krama dan dharmasanti, yaitu anjang sana, silaturahmi saling mendoakan kesehatan dan keselamatan masing-masing serta maaf-memaafkan. Dalam hubungan masyarakat yang lebih luas, dharmasanti dilaksanakan dalam bentuk resepsi di balai atau gedung pertemuan umum.
Dalam pelaksanaan upacara Hari Raya Nyepi ini, berlaku pula ketentuan-ketentuan yang menyatakan bahwa bagi mereka yang tidak mampu dan atau tidak dalam keadaan sanggup, dapat dibebaskan daripadanya, antara lain:

- mereka yang sedang hamil tua
- menyusui bayi
- mereka yang sakit
- anak-anak di bawah umur
- mereka yang melakukan tugas tertentu bagi keselamatan dan kepentingan umum
- tentara yang sedang bertempur

Ogoh-Ogoh dalam Rangkaian Perayaan Nyepi

Apa itu ogoh-ogoh? Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi keempat mendefinisikan ogoh-ogoh sebagai patung yang terbuat dari bambu, kertas, dan sebagainya yang berbentuk raksasa dan lain-lain yang diarak keliling desa pada hari tertentu (biasanya sehari menjelang Nyepi). Sebagaimana telah dijelasksan, Hari Raya Nyepi selalu didahului oleh prosesi pengrupukan. Pengrupukan selalu ditunggu oleh masyarakat terlebih oleh anak-anak muda karena di malam pengrupukan akan diarak ogoh-ogoh keliling desa dan keliling kota diiringi gambelan bleganjur, kentogan dan muda mudi yang ikut mengarak dengan membawa obor.

Ogoh-ogoh ada sekitar tahun 1980-an. Penggagasnya disebut-sebut adalah mantan Gubernur Bali, Ida Bagus Mantra yang juga merupakan tokoh budayawan Bali. Ogoh-ogoh dilambangkan sebagai sifat buruk dalam diri manusia, kebencian, keserakahan, kemabukan, iri hati, ketamakan, loba yang mengkristal selama satu tahun. Setelah diarak, ogoh-ogoh itu akan dibakar/dimusnahkan sebagai simbol penyucian sifat-sifat buruk manusia. Dan, di tahun yang baru, diharapkan terlahir kembali, bersih, dan selalu berbuat Dharma sesuai ajaran agama.

Sebagai daerah yang kaya akan seni dan budaya, kesenian dan kebudayaan yang berkembang di daerah Bali banyak dipengaruhi oleh nilai-nilai luhur agama Hindu. Hal ini disebabkan oleh adanya keinginan umat Hindu di Bali untuk memisualisasikan nilai-nilai ajaran agama Hindu. Dalam perayaan Tahun baru Saka atau Nyepi, ogoh-ogoh memiliki peranan sebagai simbol atau visualisasi prosesi penetralisiran kekuatan-kekuatan negatif atau kekuatan bhuta. Ogoh-ogoh yang dibuat pada perayaan Nyepi ini merupakan perwujudan Bhuta Khala, yakni unsur alam yang terdiri dari air, api, cahaya, tanah, dan udara yang divisualkan dalam wujud yang menyeramkan, karena jika kekuatan alam itu berlebihan tentunya akan menjadi kekuatan yang merusak.

Setelah memahami dengan lebih baik makna-makna ritual dalam rangkaian perayaan Nyepi secara religius budaya, kita akan mencoba memahami rangkain Nyepi itu dari sudut makna antropologis.

Makna Antropologis Rangkaian Nyepi

Di dalam upacara Melasti yang diadakan dua hari sebelum Nyepi, dibayangkan perjuangan manusia mencari sumber air amerta yang akan menghidupkan terus semangat mereka dalam menegakkan dharma. Diiringi suara gamelan yang riuh dan meriah, umat berjalan beriringan membawa seluruh perlengkapan upacara ke sumber-sumber air maupun menyusuri pantai. Terutama di pesisir pantai Sanur dan Kuta, diadakan upacara memberi sesaji kepada dewa laut, Baruna. Alunan monoton dari gamelan dan tabuhan membawa suasana magis dan beberapa orang mulai mengalami trance. Dialami bahwa seluruh kenyataan menjadi bulat dan seolah-olah “air amerta” itu sungguh-sungguh diteguk. Upacara berakhir dengan percikan air suci dari pedanda, diikuti oleh perasaan lengkap di hati umatnya.



Sehari sebelum Nyepi diadakan upacara Butha Yadnya. Umat beriringan membawa obor sambil memukul tabuhan pada senja kala. Kemudian, diadakan juga upacara memotong hewan korban yang secara simbolis ingin mengungkapkan bahwa bila manusia sanggup berkorban, ia baru dapat mencapai cita-citanya. Sesajen-sesajen diberikan bagi Butha Kala. Di sini, Butha Kala adalah kekuatan-kekuatan negatif yang menguasai manusia yang menghasilkan kekacauan dan penderitaan di dunia ini. kekuatan ini diajak berdamai dan dengan jalan ini manusia mencapai keselarasannya. Dalam konteks kita sekarang ini, kemarahan, pemerkosaan martabat manusia, nafsu berperang, pencemaran lingkungan, eksploitasi alam, kerasukan industri, adalah unsur-unsur yang dapat dipersonifikasikan ke dalam tokoh mitologis itu.

Pada Hari Raya Nyepi, aspek ideal dari penghayatan harmoni antropokosmis dialami. Pada saat sepi itu, manusia menghayati kesatuan buana alit dan buana agung seperti pernah terjadi. Matra yang dibayangkan terjadi pada saat awal sekarang dibayangkan hadir saat kini. Kejadian primordial itu juga menjadi orientasi bagi tindakan manusia di masa kini, menjadi etika yang menentukan perasaan-perasaan manusia, baik sedih maupun gembira. Perbuatan agresif manusia seperti permusuhan, peperangan, kemarahan, kebencian, dianggap akan menggoncangkan atau bahkan merusak keselarasan.

Dalam suasana semadi pada Hari Raya Nyepi ini, manusia ingin mengambil bagian dalam keheningan alam yang harmonis, alam yang berjalan menurut siklus yang selaras. Inilah makna terdalam yang ingin dicapai umat Hindu dalam menjalani Hari Raya Nyepi dan ini pula makna dalam diri umat manusia: harmoni antara dirinya dan alamya.


Sumber : dispardabali dan beberapa sumber lain.

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

2 comments:

  1. Agen Judi Online Aman & Terpercaya Indonesia !
    Taruhan Sabung Ayam - Sportsbook - Bola Tangkas - Togel Online - Casino Online
    Bonus 10% Deposit Pertama / Cashback 5% - 10%
    Minimal Deposit IDR 50.000,- Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www.bolavita.ltd
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    WA: +628122222995

    ReplyDelete
  2. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7917149-ciri-ciri-ayam-pama-silangan-untuk-aduan

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

    https://www.sateayam.biz/
    https://m1.hj128.pw
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda

Jika Suka, Silahkan Beramal Gan, Klik Suka/Like Dan Follow Blog Ini Ya




BANNER SAHABAT BALIKU YANG INDAH

BANNER SAHABAT BALIKU YANG INDAH
    baliku yang indah HIDUP itu indah, dengan cara berbagi sesama ~^O^~ ~ BLOG-nya anak GAUL masa kini SWOM.COM KLIKOT INTERNET MARKETING Info Tentang Kesehatan Dan Obat Tradisional Blogger Copas Berbagi Info  Blog Info Tentang Kesehatan dan Pendidikan Gede Sitdown Blog Catatan Diani Made Blogger Copy Pazte Koko Nax Sasih Blog's

Sudah Baca Artikel di Bawah Ini?

Daftar Blog Bacaan Saya