investama

Sarana Dalam Ilmu Leak

Baliku Yang Indah | Sarana – Sarana Dalam Ilmu Leak

ngereh leak baliKekuatan sebuah ajaran pada intinya bermula dari konsentrasi pikiran dan fokus mencapai tujuan. Oleh karena itu dipergunakanlah sarana dalam Ilmu Leak diritualnya.
sarana dalam Ilmu Leak tersebut telah disebutkan dalam kitab Bhagawadgitha, IX, 26 “Siapapun dengan bhakti mempersembahkan kepada-Ku sehelai daun, sekuntum bunga, sebiji buah-buahan, seteguk air, aku terima sebagai bhakti persembahan dari orang yang berhati suci
Menurut Jro Mangku Puspa, sarana dalam Ilmu Leak merupakan sarana-sarana upacara yang dipergunakan dalam pangleakan, hampir sama dengan sarana-sarana upacara lainya di Bali, karena sarana upacara menjadi satu kesatuan bagi masyarakat Hindu di Bali, karena segala sesuatunya pasti memakai sarana upacara, sehingga banyak pro-kontra atas pemakaian saran upacara tersebut.
Menurut Jro Dasaran I Nyoman Suadi, mengatakan sarana dalam Ilmu Leak tentu sama dengan sarana upacara lainya di Bali, karena semuanya produk Bali yang telah dimodifikasi, jadi semuanya ada tingkatanya, yaitu Nista, Madya, Utama dan penjelasan lainya. Kalau utama, maka tebusan dan lain sebagainya pun lebih banyak, karena ini telah menjadi hukum alam.

Beberapa teks yang menjelaskan tentang sarana-sarana dalam ilmu Leak:

Iki pengater Leak pengiwa
…yan mahyun sira weruh mangleak rekep iki tigang kajeng kliwon, maring, natar kamulane, nga, aturan maring Hyang Guru. Maring kemulan, sesayut panca ronga, atanding maiwak sata putih, mapanggang. Ring sang manglekas namping sesayut siddha karya atanding, canang, 11, tanding, sarwa miik asep, menyan, majegau, rengep antuk mantra, wus mangidepang wtuwang mantrane, suing, ping 3. Pinang gni tabunane, mang……. ( dasar Pengiwa )
Pangiwa Siwa Wijaya
Iki Pengelesuannia…………… Sa : Wastra putih ne suci sekar tunjung putih lawa 9. Sekarang disiwa duara bantenia suci 4, catur warna nganutin genah ulamnia ring sucine 1 itik putih ne purwwa itik mebulu ulam ne daksina, angsa ne pascima banyak ne utara ma-malih ajengan selaan nganutin urip meulam sata catur warna olahan manut ing genah rauhin jajatah lembat asem calon pulung metatakan kelebang don buah miyek sesantun 4, jinahnia pur 5.000 da, 9 ,pa, 7 u, 4.pigung sami 25.000. beras 25, catu ditengah ing latri. (Aji pengeleakan)

Dari dua mantra tersebut diatas dapat diperhatikan, bahwa semakin tinggi tujuan yang akan dicapai, maka sarana yang dipergunakan pun semakin besar, karena labaan yang di berikan semakin banyak untuk mencapai cita-cita penekun ilmu leak bali tersebut.

Sumber : umaseh

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda

Jika Suka, Silahkan Beramal Gan, Klik Suka/Like Dan Follow Blog Ini Ya




BANNER SAHABAT BALIKU YANG INDAH

BANNER SAHABAT BALIKU YANG INDAH
    baliku yang indah HIDUP itu indah, dengan cara berbagi sesama ~^O^~ ~ BLOG-nya anak GAUL masa kini SWOM.COM KLIKOT INTERNET MARKETING Info Tentang Kesehatan Dan Obat Tradisional Blogger Copas Berbagi Info  Blog Info Tentang Kesehatan dan Pendidikan Gede Sitdown Blog Catatan Diani Made Blogger Copy Pazte Koko Nax Sasih Blog's

Sudah Baca Artikel di Bawah Ini?

Daftar Blog Bacaan Saya